Monday, June 29, 2009

Barbeque Style Untuk Pak Kis

Ada yang datang, ada yang pergi. Fenomena ini sudah menjadi bagian dari kehidupan KBRI, dimanapun itu. Kali ini, waktunya Pak Kiswantoro-yang biasa kita panggil Pak Kis-untuk meninggalkan KBRI dan kota Roma karena masa tugasnya yang telah berahir setelah 3 tahun. Namun yang unik, perpisahan Pak Kis kali ini lain dari yang lain. Jika biasanya mengambil tempat di dalam ruangan wisma atau di pelataran parkir KBRI dengan acara yang semi-formal, kali ini tempatnya berada cukup jauh di luar kota Roma yaitu Lago di Vico, sebuah danau di kawasan Viterbo, sekitar 60km dari Roma. Konsep acara tanggal 21 Juni itupun sangat santai, dengan makanan hasil bakar-bakaran alias barbeque.


Sebagian besar berangkat dengan sebuah tour-bus dari Roma. Meskipun cuaca hari itu kurang mendukung, dengan hujan yang cukup deras dan hawa yang dingin, kita semua tetap bersemangat untuk hadir di sana. Acara dibuka oleh sambutan Pak Dubes, kemudian dilanjutkan Pak Kis dan Pak Tatang. Perpisahan kali ini juga sekaligus untuk Pak Tatang yang juga akan kembali ke tanah air tanggal 24 Juli mendatang. Setelah menyerahkan kenang-kenangan dari KBRI Roma, acara langsung dilanjutkan dengan menyantap ayam bakar, sosis bakar dan berbagai sate lengkap dengan sayur asem sampai rujak buah.

Selain sibuk menunggu berbagai jenis makanan selesai dibakar, sekaligus menghangatkan badan di dekat panggangan, anak-anak pun menembus dinginnya danau dengan berenang di pinggiran. Hanya saja tidak lama kemudian hujanpun turun dan rencana acara yang akan berakhir jam 5 sore mau tidak mau harus diakhiri sekitar pukul 2.


Ditengah kesederhanaan, kita semua mengucapkan selamat jalan pada Pak Kis dan keluarga. Semoga sukses di tanah air dan selalu menjadikan KBRI Roma sebagai sebuah kenangan manis. Pada tanggal 28 Juni yang lalu, Pak Kis dan keluarga bertolak dari Fiumicino menuju Jakarta dengan pesawat Singapore Airlines. Addio Amici, Arrivederci!