Sunday, December 2, 2007

Everyone in This Place Said That Your Food is The Best, so I Come Here to Get It"

Akhirnya hari itu datang, 23 November 2007, Traditional UNWG International Bazaar di St. Stephen`s School. Dengan arahan Penasihat dan Ketua DWP, Ibu Duta Besar dan Ibu Runi Purnomo, plus PO yang ditunjuk untuk menghadapi event ini, Ny. Farida Erizal, dan kerjasama yang baik dari Para Anggota DWP KBRI Roma akhirnya kami siap mengikuti bazaar yang telah ditunggu-tunggu. Kira-kira seminggu persiapan untuk mengikuti event ini, mulai dari menghadiri rapat-rapat di IFAD dan FAO, belanja kebutuhan plastik, tisu, bahan makanan, mempersiapkan dagangan, mendekor meja, dan membuat papan menu. Sebenarnya bazaar ini sudah rutin kita ikuti, tujuannya adalah untuk mendapatkan dana baik dari hasil penjualan rufle ticket maupun dari keuntungan bazaar ini yang selanjutnya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan terutama wanita dan anak-anak melalui proposal yang masuk ke UNWG dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Hari itu sedari pagi semua unsur DWP KBRI Roma mengerahkan semua tenaga, ada yang kebagian masak Mie Goreng, Nasi Goreng dan Bihun Goreng serta goreng Lumpia karena memang kita ingin menyajikan makanan fres, ada yang langsung ke tempat bazaar untuk mempersiapkan meja dan ada yang membawa makanan yang siap dijual. Baru saja makanan dipersiapkan di meja pembeli sudah berdatangan ditambah lagi saat makan siang....oh my god...agak kewalahan juga DWP menghadapi begitu banyaknya penggemar makanan Indonesia.
Rata-rata mereka sudah mengenal makanan kita dan memanfaatkan kesempatan bazaar ini untuk bernostalgia karena memang di Roma tidak ada restoran Indonesia yang orisinil. Kali ini DWP menampilkan : Sate, Nasi Goreng, Mie Goreng, Bihun Goreng, Lumpia, Lumpia Vegetarian, Dadar Gulung, dan Kerupuk. Lumpia goreng sangat disukai sehingga pertama habis, Mie Goreng kedua, disusul Bihun Goreng yang sebenernya baru diperkenalkan. Walupun kali ini DWP KBRI Roma kebagian tempat agak ke belakang namun pembeli ramai berdatangan, kasir yang telah dipersiapkan di dua sudut mengaku kewalahan menghadapi pembeli yang berlapis-lapis.
Karena sibuk ngelayani kita ga mungkin melihat stand tetangga, dan kita juga ga bisa membandingkan dengan stand peserta lain, tapi jadi bangga juga mendengar seorang pelanggan
(gambar disamping) yang setelah agak sore datang dan berkata : "Everyone in this place said that your food is the best, so I come here to get it".......he3x malah ada pelanggan yang dateng lagi tapi ga beli, dia hanya dateng khusus untuk memuji makanan kita....sudah kenyang kali ye??? terakhir datang juga seorang pelanggan dari Srilanka yang memuji makanan Indonesia tapi ga jelas mo beli pa enggak....jadi Sir.....how many sate will you take? ....he3x, untung Bagian Penjualan sudah dibekali ilmu ngeyel oleh Bu PO. Hikmah terbesar dari event ini bagi DWP KBRI Roma adalah ternyata melalui makanan has Indonesia kita bukan hanya bisa mengenalkan Negara dan Bangsa Indonesia tetapi memberikan kenangan spesial yang sulit dilupakan, digambarkan dan ditiru, apa sih? renyahnya tiap gigitan Lumpia, gurihnya Mie Goreng, Nasi Goreng dan Bihun Goreng, harum pandan Dadar Gulung, gurihnya Kerupuk Udang, dan manis gurihnya Sate............!!! Girls.....!!! Keep on Solid and Never tired to Do and Gift The best!!!

(Ny. Runi Purnomo, Ny. Farida Erizal, Ny. Sita Sugiyanto, Ny. Renny Harkomoyo, Ibu Djaffar, Ny. Grace Kandau)